Kitab Zakat ( كتاب الزكاة)

Hadis: (987c)

Abu Huraira melaporkan Rasulullah (ﷺ) bersabda:

Tidak ada pemilik harta yang tidak membayar zakat (akan terhindar) melainkan (tumpukannya) akan dipanaskan di dalam api neraka dan ini akan dijadikan piring dan dengan sisinya, dahinya akan dilindungi sehingga Allah mengucapkan penghakiman di antara hamba-hamba-Nya selama sehari, yang mana jangka masa itu akan menjadi lima puluh ribu tahun. Dia kemudian akan melihat jalannya, menuju ke Syurga atau ke Neraka. Dan tidak ada pemilik unta yang tidak membayar zakat (akan terhindar) melainkan dataran berpasir yang lembut akan ditetapkan untuknya dan mereka (unta) akan dibuat untuk melewatinya sehingga yang terakhir akan dibuat untuk kembali hingga Allah akan membuat penghakiman di antara hamba-hamba-Nya selama sehari yang lima puluh ribu tahun. Dia kemudian akan melihat jalannya membawanya ke Syurga atau membawanya ke Neraka. Dan tidak ada pemilik (lembu dan) kambing yang tidak membayar zakat (akan terhindar) melainkan dataran berpasir lembut yang akan ditetapkan untuknya, dia tidak akan menemukan satupun dari mereka yang hilang, dengan tanduk memutar, tanpa tanduk, atau dengan tanduk patah , dan mereka akan menorehkannya dengan tanduk mereka dan menginjak-injaknya dengan kuku mereka dan mereka akan dibuat untuk menyerahkannya sehingga yang terakhir dari mereka akan dibuat untuk kembali sehingga Allah mengucapkan penghakiman di antara hamba-hamba-Nya, pada suatu hari sejauh lima puluh ribu tahun, dan dia akan melihat jalan yang menuju ke Syurga atau ke Neraka. Suhail berkata: Saya tidak tahu sama ada dia menyebut tentang lembu. Mereka berkata: Wahai Rasulullah, bagaimana dengan kuda? Dia berkata: Kuda-kuda mempunyai kebaikan di dahi mereka (atau dia berkata) atau kebaikan tertanam di dahi kuda (Suhail berkata: Saya ragu tentang apa yang sebenarnya dikatakan) hingga hari penghakiman. Kuda ada tiga jenis. Mereka adalah sumber pahala bagi seseorang, mereka adalah penutup bagi seseorang, dan mereka adalah beban bagi seseorang. Adapun orang-orang yang membawa pahala adalah bahawa seseorang akan mendapat pahala yang memeliharanya demi Allah dan melatihnya untuk Dia, dan tidak ada yang hilang di dalam perut mereka melainkan Allah akan mencatat perbuatan baik baginya. Dan jika mereka merumput di padang rumput, mereka tidak akan memakan apa-apa kecuali Allah akan membalas pahala kepadanya. Dan jika mereka minum air dari terusan, dengan setiap tetes itu, hilang di perut mereka akan ada pahala (bagi pemiliknya). Dia terus menerus menerangkan hingga disebutkan hadiah untuk air kencing dan kotoran mereka. Dan jika mereka mengikuti satu atau dua kursus, akan ada penghargaan untuk setiap langkah yang mereka lalui. Adapun orang yang mereka tutupi, dia adalah orang yang memelihara mereka untuk kehormatan dan martabat tetapi tidak melupakan hak punggung dan perutnya, dalam banyak dan kesulitan, Mengenai orang yang mereka bebankan, dia adalah orang yang memelihara mereka untuk berkhayal dan menunjukkan kepada orang-orang; baginya mereka, beban. Mereka berkata: Ya Rasulullah, bagaimana dengan keldai? Dia berkata: Allah tidak memberitahukan kepadaku apa-apa yang berkaitan dengannya kecuali satu ayat yang komprehensif ini: "Dia yang melakukan kebaikan atom akan melihatnya, dan dia yang melakukan kejahatan atom akan melihatnya" (xcix 7 ).
وَحَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ الأُمَوِيُّ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ الْمُخْتَارِ، حَدَّثَنَا سُهَيْلُ، بْنُ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏"‏ مَا مِنْ صَاحِبِ كَنْزٍ لاَ يُؤَدِّي زَكَاتَهُ إِلاَّ أُحْمِيَ عَلَيْهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ فَيُجْعَلُ صَفَائِحَ فَيُكْوَى بِهَا جَنْبَاهُ وَجَبِينُهُ حَتَّى يَحْكُمَ اللَّهُ بَيْنَ عِبَادِهِ فِي يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ خَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ ثُمَّ يُرَى سَبِيلَهُ إِمَّا إِلَى الْجَنَّةِ وَإِمَّا إِلَى النَّارِ وَمَا مِنْ صَاحِبِ إِبِلٍ لاَ يُؤَدِّي زَكَاتَهَا إِلاَّ بُطِحَ لَهَا بِقَاعٍ قَرْقَرٍ كَأَوْفَرِ مَا كَانَتْ تَسْتَنُّ عَلَيْهِ كُلَّمَا مَضَى عَلَيْهِ أُخْرَاهَا رُدَّتْ عَلَيْهِ أُولاَهَا حَتَّى يَحْكُمَ اللَّهُ بَيْنَ عِبَادِهِ فِي يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ خَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ ثُمَّ يُرَى سَبِيلَهُ إِمَّا إِلَى الْجَنَّةِ وَإِمَّا إِلَى النَّارِ وَمَا مِنْ صَاحِبِ غَنَمٍ لاَ يُؤَدِّي زَكَاتَهَا إِلاَّ بُطِحَ لَهَا بِقَاعٍ قَرْقَرٍ كَأَوْفَرِ مَا كَانَتْ فَتَطَؤُهُ بِأَظْلاَفِهَا وَتَنْطِحُهُ بِقُرُونِهَا لَيْسَ فِيهَا عَقْصَاءُ وَلاَ جَلْحَاءُ كُلَّمَا مَضَى عَلَيْهِ أُخْرَاهَا رُدَّتْ عَلَيْهِ أُولاَهَا حَتَّى يَحْكُمَ اللَّهُ بَيْنَ عِبَادِهِ فِي يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ خَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ مِمَّا تَعُدُّونَ ثُمَّ يُرَى سَبِيلَهُ إِمَّا إِلَى الْجَنَّةِ وَإِمَّا إِلَى النَّارِ ‏"‏ ‏.‏ قَالَ سُهَيْلٌ فَلاَ أَدْرِي أَذَكَرَ الْبَقَرَ أَمْ لاَ ‏.‏ قَالُوا فَالْخَيْلُ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ ‏"‏ الْخَيْلُ فِي نَوَاصِيهَا - أَوْ قَالَ - الْخَيْلُ مَعْقُودٌ فِي نَوَاصِيهَا - قَالَ سُهَيْلٌ أَنَا أَشُكُّ - الْخَيْرُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ الْخَيْلُ ثَلاَثَةٌ فَهْىَ لِرَجُلٍ أَجْرٌ وَلِرَجُلٍ سِتْرٌ وَلِرَجُلٍ وِزْرٌ فَأَمَّا الَّتِي هِيَ لَهُ أَجْرٌ فَالرَّجُلُ يَتَّخِذُهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَيُعِدُّهَا لَهُ فَلاَ تُغَيِّبُ شَيْئًا فِي بُطُونِهَا إِلاَّ كَتَبَ اللَّهُ لَهُ أَجْرًا وَلَوْ رَعَاهَا فِي مَرْجٍ مَا أَكَلَتْ مِنْ شَىْءٍ إِلاَّ كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِهَا أَجْرًا وَلَوْ سَقَاهَا مِنْ نَهْرٍ كَانَ لَهُ بِكُلِّ قَطْرَةٍ تُغَيِّبُهَا فِي بُطُونِهَا أَجْرٌ - حَتَّى ذَكَرَ الأَجْرَ فِي أَبْوَالِهَا وَأَرْوَاثِهَا - وَلَوِ اسْتَنَّتْ شَرَفًا أَوْ شَرَفَيْنِ كُتِبَ لَهُ بِكُلِّ خَطْوَةٍ تَخْطُوهَا أَجْرٌ وَأَمَّا الَّذِي هِيَ لَهُ سِتْرٌ فَالرَّجُلُ يَتَّخِذُهَا تَكَرُّمًا وَتَجَمُّلاً وَلاَ يَنْسَى حَقَّ ظُهُورِهَا وَبُطُونِهَا فِي عُسْرِهَا وَيُسْرِهَا وَأَمَّا الَّذِي عَلَيْهِ وِزْرٌ فَالَّذِي يَتَّخِذُهَا أَشَرًا وَبَطَرًا وَبَذَخًا وَرِيَاءَ النَّاسِ فَذَاكَ الَّذِي هِيَ عَلَيْهِ وِزْرٌ ‏"‏ ‏.‏ قَالُوا فَالْحُمُرُ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ ‏"‏ مَا أَنْزَلَ اللَّهُ عَلَىَّ فِيهَا شَيْئًا إِلاَّ هَذِهِ الآيَةَ الْجَامِعَةَ الْفَاذَّةَ ‏{‏ فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ * وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ‏}‏ ‏"‏ ‏.‏

Rujukan dalam buku: Buku12, Hadis 30

Rujukan Hadis 987c

Rujukan laman USC-MSA (English) Buku 5, Hadis 2163

Ayat Al-Quran yang berkaitan: 99.7