Buku Pengagihan Air (كتاب المساقاة )

Hadis: (2371)

Diriwayatkan oleh Abu Huraira:

Rasulullah (ﷺ), "Memelihara kuda boleh menjadi sumber pahala bagi beberapa orang (manusia), tempat berlindung kepada orang lain (iaitu cara mencari nafkah seseorang), atau beban untuk sepertiga. Dia yang menjadi kuda akan menjadi sumber pahala adalah orang yang menyimpannya di jalan Allah (mempersiapkannya untuk pertempuran suci) dan mengikatnya dengan tali panjang di padang rumput (atau kebun). Dia akan mendapat pahala yang setara dengan tali panjangnya yang memungkinkan untuk memakannya di padang rumput atau kebun dan jika kuda itu memutuskan tali dan menyeberangi satu atau dua bukit, maka semua jejaknya dan kotorannya akan dikira sebagai perbuatan baik bagi pemiliknya; dan jika melewati sungai dan minum daripadanya, maka itu juga akan dianggap sebagai perbuatan baik bagi pemiliknya walaupun dia tidak berniat menyiramnya ketika itu. Kuda adalah tempat perlindungan dari kemiskinan kepada orang kedua yang memelihara kuda untuk mencari nafkah agar tidak meminta orang lain dan pada masa yang sama dia memberikan hak Allah (yaitu rak `at) (dari kekayaan yang dia perolehi dengan menggunakannya dalam perdagangan dll.) dan tidak melafazkan mereka. Dia yang memelihara kuda hanya dengan sombong dan karena dipamerkan dan sebagai cara untuk menyakiti umat Islam, kudanya akan menjadi sumber dosa kepadanya. "Ketika Rasulullah (ﷺ) ditanya tentang keldai, dia menjawab, "Tidak ada yang istimewa telah dinyatakan kepadaku mengenai mereka kecuali ayat unik umum yang berlaku untuk segala sesuatu: "Barangsiapa melakukan kebaikan yang sama dengan berat atom (atau semut kecil) akan melihatnya (ganjarannya) pada hari kiamat. "
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ، أَخْبَرَنَا مَالِكُ بْنُ أَنَسٍ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ السَّمَّانِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ـ رضى الله عنه ـ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏"‏ الْخَيْلُ لِرَجُلٍ أَجْرٌ، وَلِرَجُلٍ سِتْرٌ، وَعَلَى رَجُلٍ وِزْرٌ، فَأَمَّا الَّذِي لَهُ أَجْرٌ فَرَجُلٌ رَبَطَهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ، فَأَطَالَ بِهَا فِي مَرْجٍ أَوْ رَوْضَةٍ، فَمَا أَصَابَتْ فِي طِيَلِهَا ذَلِكَ مِنَ الْمَرْجِ أَوِ الرَّوْضَةِ كَانَتْ لَهُ حَسَنَاتٍ، وَلَوْ أَنَّهُ انْقَطَعَ طِيَلُهَا فَاسْتَنَّتْ شَرَفًا أَوْ شَرَفَيْنِ كَانَتْ آثَارُهَا وَأَرْوَاثُهَا حَسَنَاتٍ لَهُ، وَلَوْ أَنَّهَا مَرَّتْ بِنَهَرٍ فَشَرِبَتْ مِنْهُ وَلَمْ يُرِدْ أَنْ يَسْقِيَ كَانَ ذَلِكَ حَسَنَاتٍ لَهُ، فَهِيَ لِذَلِكَ أَجْرٌ، وَرَجُلٌ رَبَطَهَا تَغَنِّيًا وَتَعَفُّفًا ثُمَّ لَمْ يَنْسَ حَقَّ اللَّهِ فِي رِقَابِهَا وَلاَ ظُهُورِهَا، فَهِيَ لِذَلِكَ سِتْرٌ، وَرَجُلٌ رَبَطَهَا فَخْرًا وَرِيَاءً وَنِوَاءً لأَهْلِ الإِسْلاَمِ، فَهِيَ عَلَى ذَلِكَ وِزْرٌ ‏"‏‏.‏ وَسُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم عَنِ الْحُمُرِ فَقَالَ ‏"‏ مَا أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهَا شَىْءٌ إِلاَّ هَذِهِ الآيَةُ الْجَامِعَةُ الْفَاذَّةُ ‏{‏َمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ * وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ ‏}‏‏"‏

Rujukan Dar-us-Salam Hadis 2371

Rujukan dalam buku: Buku 42, Hadis 19

Rujukan laman USC-MSA (English) Volum 3, Buku 40, Hadis 559

Rujukan lain-lain: